Kamis, 04 Desember 2008

SAMURAI X


Samurai X memiliki judul asli Rurouni Kenshin ialah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang. Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku. Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X.

Manga ini bercerita tentang seorang samurai dari kelompok Chosu yang telah berhasil memenangkan pertempuran pada jaman ke-shogun-an Tokugawa yang pada akhirnya membentuk jaman baru di Jepang yang disebut jaman Meiji. Pada jaman Meiji, seseorang tidak lagi diperbolehkan membawa pedang di jalanan.

Pada masa ini, Kenshin Himura atau lebih dikenal sebagai "Hitokiri Battousai" atau Batosai si pembantai, menyesali perbuatannya di masa lampau yang telah membunuh banyak orang, dan dia bersumpah untuk tidak membunuh seorangpun di masa ini. Untuk itu Kenshin menggunakan pedang "Sakabatou", yang bermata tajam terbalik.

Nama Samurai X pertama kali digunakan oleh ADV Films dalam merilis anime Rurouni Kenshin di Amerika. Nama ini diambil dari tanda codet berbentuk X di wajah Kenshin.

<> TOKOH
  • Tokoh utama
    1. Kenshin Himura
    2. Kaoru Kamiya
    3. Sanosuke Sagara
    4. Yahiko Myojin
    5. Megumi Takani
  • Tokoh tambahan
    1. Seijuro Hiko
    2. Eiji Mishima
    3. Misao Makimachi
    4. Makoto Shishio
    5. Aoshi Shinomori
    6. Enishi Yukishiro
    7. Hajime Saito
    8. Sojiro Seta
    9. Tsukayama Yūtarō

Kenshin Himura

Rurouni Kenshin adalah anime fav gw selain Saint Seiya, Hunter X Hunter, Doraemon, Dragon Ball, City Hunter, apalagi yah?! hehe.. Kayaknya banyak deh, tapi gw lupa judulnya. Keliatan banget maniac kartun. Dulu tuh jaman gw sekolah, TV series yg gw tunggu2 yah kartun, especially kartun2 jepun. Sampe gw kuliah dan punya anak sekarang, teteeeepp… doyan!! hehe.. Sekarang sih lagi gila cari DVDnya. Lebih ok, soalnya ga pake iklan dan ga pake dubbing, lebih enak pake bahasa mereka sendiri. klo di dubbing suka ga pas sama characternya.
Weekend kemaren gw habiskan waktu dgn nonton DVD Rurouni Kenshin. Klo di serial TV lebih dikenal dengan Samurai X. Ada 6 film, ini seri pertama, masih ada kelanjutannya. Btw, gw lom dapet DVDnya. Ntar deh hunting lagi.
Berantemnya seru abis. Tapi kenapa yah Kenshin selalu kalah dulu baru menang. Dia harus merhatiin gaya lawannya dulu, baru deh cari jurus ampuh mematahkannya. Ahhhh.. bikin gemez aja!! Mungkin disitu serunya yak?! klo langsung menang, pasti ga menarik.
Yg bikin film ini tambah menarik ada banyak adegan kocaknya. Ada Kenshin yg doyan masak. hahaha dia
hobby masak banget lho. heran deh sama jagoan yg satu ini. kadang klo bahan2nya abis dia pergi kepasar belanja. Bertolak belakang dengan Kaoru, yg masakannya selalu bikin stress orang yg memakannya. Hobbynya adalah ngomelin orang dan berantem. Lawan berantem Kaoru adalah Yahiko muridnya, klo udah berantem bisa tarik2an bibir, dower, dower deh. xixi.. N masih banyak yg lainnya, yg ga seru klo gw ceritain di sini, mending nonton aja filmnya. Don`t miss it!
Himura kenshin adalah seorang pengembara yg mempunyai masa lalu yg gelap. Bukan seorang ronin tapi seorang rurouni, dia tidak pernah menjadi seorang samurai, tapi seorang pembunuh yg tangguh pd masa pemulihan Meiji. Pengembaraannya membawa dia ke Tokyo pada tahun kesebelas masa pemerintahan Meiji, dimana dia menjadi teman dari seorang wanita yg menjadi guru kendo, seorang mantan pencuri, seorang brawler/tukang berantem, dan seorang dokter with their own secret.
Himura Kenshin, dia membawa pedang dengan mata pedang terbalik dan mempunyai tanda bekas luka berbentuk X di pipinya. Seorang rurouni yg berpegang teguh pada prinsip bahwa pedang seharusnya digunakan untuk melindungi orang-orang, bukan untuk membunuh.
Bagaimanapun juga, seorang gadis bernama Kamiya Kaoru menuduh dia sebagai seorang hitokiri battosai. Laki2 yg telah membunuh orang-orang dengan memakai nama keluarganya. Ketika Khensin menyelamatkan Kouru dari pembunuh yg sebenarnya, Kaoru mengundang kenshin untuk tinggal di doujonya. Disinilah kisah Kenshin Himura dimulai.
Sebelum masa pemulihan Meiji, Himura Kenshin dikenal sebagai hitokiri battosai. Dia adalah seorang pembunuh terkuat dari kelompok Ishin Shishi. Bagaimanapun ketika pemerintahan yg lama tergulingkan dan perang berakhir, hitokiri battosai sudah punah. Tidak ada lagi orang berjalan dengan membawa pedang. Kenshin mengembara selama hampir sebelas tahun, duniapun menganggap dia sudah mati atau hilang.
Ketika dia bertemu dengan Kaoru, dia bukan lagi seorang hitokiri battosai, dia sudah berjanji utk tidak membunuh lagi. Pedangnya bukanlah pedang yg biasa, tapi mempunyai mata pedang yg terbalik, itu artinya bahwa dia tidak bisa membunuh siapapun dengan pedangnya, tapi dia bisa mengunakan pedangnya untuk mempertahankan diri. Dia ingin meninggalkan masa lalunya, dan memulai hidup yg baru, dengan menolong Kaoru dan orang-orang yg dia temui disetiap kesempatan.
Doujo Kamiya menjadi tempat berlindung bagi Kenshin & teman2nya. Ketika kenshin tiba, dia dan Kaoru menyelamatkan seorang anak laki2 bernama Myojin Yahiko. Anak ini dipaksa mencuri oleh sekelompok penjahat. Hasil curian Yahiko harus diserahkan kepada mereka sebagai pembayaran hutang orangtuanya. Sebenarnya orangtua Yahiko tidak lagi berhutang pd mereka, tapi mereka memeras Yahiko. Kaoru datang menyelamatkan Yahiko, tetapi anggota mereka terlalu banyak. Akhirnya Kenshin tampil dan melumpuhkan semua musuhnya. Yahikopun diserahkan pada Kaoru dan Kenshin.
Yahiko bilang pd kenshin, klo dia ingin seperti Kenshin. Tetapi Kenshin tidak tertarik untuk mengajarkan seseorang bagaimana cara membunuh. Dia menyarankan Kaoru saja yg menjadi gurunya, dan Yahikopun setuju. *dengan sedikit terpaksa* hehe..
Sanosuke memperkenalkan dirinya ke doujo sebagai petarung yg kuat. Dia mengunakan pedang raksasa bernama Zanba. Yg didesign utk seorang penunggang kuda. Tetapi Sano mengunakannya sebagai pedang biasa. Ketika dia minum di salah satu restoran, dia mendapat perhatian dari orang-orang. Sano menantang Kenshin duel, tapi dia menolak. Sementara salah satu orang di bar menyewa Sano utk membunuh Kenshin. Setelah mereka bertarung, Kenshin menjadi pemenangnya. Sano bilang dia akan mengikutinya klo dia sungguh2 menjaga orang yg dia pedulikan. Akhirnya mereka berteman.
Anggota terakhir doujo kimya adalah Megumi. Wanita ini Seorang dokter. Dia bekerja pada seorang pengusaha yg memproduksi opium. Megumi dipaksa membuat opium, padahal dia udah seringkali menolak dan berusaha utk bunuh diri, tapi selalu gagal. Karena dia tau opium yg dia produksi mengandung racun yg bisa membunuh orang. Akhirnya Megumi melarikan diri, tapi pengusaha ini tidak membiarkan megumi lolos begitu saja, dengan pembunuh2 bayaran yg dia sewa, dia berusaha utk mengambil megumi kembali dari kamya doujo yg telah menolong dan menampungnya. Pada akhirnya Kenshin kembali memenangkan pertarungan melawan algojo2 bayaran dan Megumi bisa tetap tinggal di Doujo Kimya, menjadi seorang dokter, tidak hanya utk kenshin dan orang di Kimya, tapi bagi semua orang yg tinggal disekitar duojo kimya.
Persahabatan merekapun berkembang dan semakin dalam, seperti sebuah keluarga. Mereka adalah sekelompok jiwa yg hilang, yg telah menemukan rumah mereka di dunia yg penuh dengan masalah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar